Tiada Hari Tanpa Belajar

Dua Siswi SMKN 1 Panji Juara LKS Jatim

Advertisement
Situbondo, Bhirawa - SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) I Panji, Kabupaten Situbondo, layak disebut sebagai gudangnya siswi berprestasi, di Kota Santri, Situbondo. Betapa tidak, sekolah kejuruan yang beralamat di Jalan Gunung Arjuno itu, mampu mengukir sederet prestasi nasional seperti Piala Adiwiyata dari Presiden SBY.
Ary Nuryanti, juara 2 lomba housekeeping dalam LKS JATIM 2013

Selain itu, juga berhasil mengantarkan dua siswinya, masing-masing meraih juara I Lomba Kompetensi Siswi (LKS) Bahasa jerman atas nama Desi Miriantika dan juara II housekeeping atas nama Ary Nuryanti, tingkat Provinsi Jawa Timur, yang diselenggarakan di SMKN 3 Buduran, Sidoarjo, pada 4-7 Maret 2013 lalu.
 
Kepala SMKN I Panji, Dra Kumudawati MPd, mengatakan, sebelum mengikuti event lomba LKS tingkat Provinsi Jatim, dua siswi tersebut mengikuti persiapan berikut latihan selama 7 bulan bersama guru pendamping, Sandi Kurniawan.
 
Selain itu, kata Kumudawati, keduanya juga diikutkan lomba pada tingkat Kabupaten Situbondo dan event yang diselenggarakan Unesa Surabaya. "Pada dua event lomba ini, siswa kami belum berhasil meraih juara I dan hanya mampu masuk 10 besar. Itu karena, kami hanya melakukan uji coba terlebih dahulu," ujar Kumudawati, dengan didampingi Warji dan Sandi Kurniawan, kemarin (14/3).
 
Kumudawati yang dikenal sebagai kasek teladan di Situbondo itu menambahkan, sosok Desi Miriantika dan Ary Nuryanti awalnya hanya merupakan siswi yang biasa tapi memiliki kemauan dan keinginan yang tinggi untuk meraih prestasi.
 
Berbekal rajin latihan bersama guru Sandi Kurniawan, keduanya lalu diikutkan pada even LKS tingkat Provinsi Jatim. "Alhamdulillah, akhirnya kedua siswi kami berhasil meraih juara I dan juara II. Khusus Desi Mirintika akan mewakili Provinsi Jatim dalam lomba LKS tingkat nasional, pada bulan September-Oktober 2013 mendatang," tutur Kumudawati.
 
Di sisi lain, Sandi Kurniawan menuturkan, sejak awal ia tidak mencari siswa/siswi yang pandai, melainkan mencari murid yang memiliki kemauan keras dan kedisplinan yang tinggi untuk diajak latihan dan belajar kisi-kisi. Ia sadar, keberadaan siswa SMK sangat berbeda dengan siswa SMA.
 
Namun yang terpenting, kata Sandi, kunci sukses berada pada pundak anak didiknya yang mau diajak untuk tekun latihan dan belajar. "Khusus Desi Miriantika ini mampu mengikuti tahapan lomba pada empat bidang yakni menulis, menyimak dialog di kaset, drama dan interview. Dia mendapatkan uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan," ujar Sandi Kurniawan.

Masih menurut Sandi, selain mampu mengorbitkan Desi Miriantika di level regional, sebelumnya juga berhasil mengantarkan Siti Fatmawati dan Zinatul Widad dalam bidang penguasaan bahasa Jerman. "Yang membanggakan, para siswa kami yang meraih juara ini berasal dari keluarga tidak mampu dan orang tuanya bekerja sebagai kuli bangunan. Meski demikian, mereka tetap berhasil mengharumkan nama sekolah, orang tua, guru dan kepala sekolah SMKN I Panji," tegas Sandi.
 
Terpisah, Desi Miriantika ketika ditanya Bhirawa perihal obsesinya ke depan, ia ingin meraih juara nasional dan juara internasional. Keyakinan itu cukup beralasan, karena kemampuan dan kecerdasan yang dimiliki Desi Miriantika berada di atas rata-rata, dibanding teman sekelasnya di jurusan Akuntasi SMKN I Panji. "Dalam prestasi pelajaran di sekolah, dia mampu menjadi juara II di kelasnya," pungkas Sandi. [awi]  [edited by admin]


0 Komentar untuk "Dua Siswi SMKN 1 Panji Juara LKS Jatim "

Back To Top