Tiada Hari Tanpa Belajar

Sekolah Wajib Terapkan Ekskul Pramuka

Advertisement

Sekolah Wajib Terapkan Ekskul Pramuka

Aku anak pramuka (www.mobavatar.com)Pemprov, Bhirawa Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) perlu dilakukan revitalisasi, agar bisa menarik perhatian anak muda saat ini. Sebab dalam undang-undang, pramuka sudah menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan karakter pemuda.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Gubernur Jatim, Drs H Saifullah Yusuf, yang juga Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jatim, saat membuka Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Jatim tahun 2013, yang mengambil tema 'Memantapkan Pemberdayaan Gugus Depan Menyongsong Ekstra Kurikuler Wajib Kepramukaan' di RM Agis Surabaya, Rabu (13/3).

Menurut Gus Ipul, dengan adanya ASEAN Free Trade Area (AFTA), peran Pramuka sangat dibutuhkan dalam mempertahankan nilai nasionalisme dan jati diri sebuah bangsa. Dengan adanya AFTA, bukan bidang usaha saja yang masuk ke Indonesia akan tetapi pengaruh asing juga bisa ikut masuk,.

"Dengan demikian, batas negara akan semakin menipis dengan adanya pengaruh asing masuk ke Indonesia, sehingga perlu disiapkan suatu generasi Indonesia yang paham akan jati diri bangsa Indonesia. Pramuka menjadi salah satu gerakan yang menanamkan jati diri dan rasa nasionalisme anak muda," ungkapnya.

Ia menuturkan, anak muda menjadi sosok penting dalam menumbuhkan rasa nasionalisme dan jati diri dari bangsa Indonesia. Dengan gerakan Pramuka dikembangkan dan ditanamkan kepada generasi muda rasa nasionalisme

"Dengan kondisi saat ini, betapa penting peran Pramuka dalam menjaga nasionalisme dan jati diri Indonesia. Anak muda  diajarkan pendidikan karakter bangsa. Oleh sebab itu, gerakan Pramuka perlu direvitalisasi, dari kesan yang kuno menjadi masa kini sehingga bisa menarik minat anak muda untuk menekuni kegiatan Pramuka," ucapnya.

Gus Ipul mengatakan, dalam merevitalisasi Pramuka perlu ditemukan ide yang membangun dan inovatif. Perlu inovasi baru, agar pramuka bisa diterima oleh anak muda.  Salah satu cara agar tidak terkesan kuno, Pramuka harus mengikuti perkembangan zaman dalam memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat umum khususnya kalangan anak muda.

"Salah satunya dengan mengemas Pramuka mengikuti perkembangan teknologi masa kini yang disukai oleh kalangan muda, sebagai contoh menggunakan teknologi Graphic Positioning System (GPS) sebagai media dalam kegiatan Pramuka," tuturnya.

Ia menyampaikan, inovasi yang dimaksud bukan menghilangkan nilai lama dalam pramuka, karena tidak semua nilai lama itu jelek. Yang dimaksud adalah mempertahankan nilai lama yang bagus dan memasukkan inovasi-inovasi baru yang bagus.

"Inovasi baru dalam revitalisasi diperlukan untuk memoles Pramuka menjadi lebih menarik bagi semua kalangan. Oleh sebab itu, perlu peran aktif dari semua pengurus untuk menemukan inovasi yang baru," jelasnya.

Dengan Pramuka, tingkat kenakalan anak muda bisa diredam, karena berada diantara kegiatan setelah sekolah dan sebelum dirumah. Pramuka ada ditengahnya, dan sebagian besar kenakalan anak muda berada diantara lingkungan sekolah dan rumah. "Oleh sebab itu, kegiatan pramuka harus bisa hadir disitu," ucapnya.

Salah satu upaya agar Pramuka kembali menjadi kegiatan ekstra kulikuler siswa, kedepan sekolah wajib menerakpkan ekstra kulikuler pramuka pada siswanya. "Saya berharap untuk kelas dua SMP dan SMA wajib ikut pramuka. Tak perlu lama-lama yang penting terkesan dan mengena di siswa. Sekarang modulnya masih disusun," pungkasnya. [iib]


Sumber

0 Komentar untuk "Sekolah Wajib Terapkan Ekskul Pramuka "

Back To Top