Tiada Hari Tanpa Belajar

Memahami Ragam Soal CPNS

Advertisement

Memahami Ragam Soal CPNS

Untuk lolos menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil , maka seorang pelamar CPNS haruslah mampu melalui tahapan seleksi CPNS yang diadakan oleh Pemerintah baik tingkat Pusat maupun Daerah. Soal CPNS yang diujikan dalam Seleksi CPNS sendiri dari tahun ke tahun senantiasa mengalami perubahan. Adapun untuk saat ini, jenis soal cpns yang diujikan adalah sebagai berikut. 

Tes Kompetensi Dasar 
Tes Kompetensi Dasar atau sering disingkat dengan TKD ini dari tahun ke tahun selalu muncul untuk dujikan karena memang berisi materi-materi pengetahuan umum yang mendasar yang harus dimiliki oleh seorang Pegawai Negeri Sipil. TKD ini meliputi Pancasila, UUD 45, Falsafah dan Ideologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, Pemerintahan dan Administrasi Negara. 

Tes Kompetensi Bidang 
Tes Kompetensi Bidang atau disingkat dengan TKB adalah tes yang berisi materi khusus di bidang tertentu yang menjadi pilihan pelamar CPNS. Untuk CPNS di Kementerian Agama (Kemenag) TKB yang akan diujikan adalah materi bidang Agama. Untuk CPNS di Kementerian Pertanian TKB yang akan diujikan adalah materi wawasan umum bidang pertanian. Untuk CPNS di Kementerian Kesehatan tentunya materi TKB yang dujikan adalah bidang Kesehatan, dan seterusnya. 

Tes Intelejensi Umum atau Tes Bakat Skolastik atau Tes Potensi Akademik 
Tes Intelejensi Umum (TIU) adalah nama lain dari Tes Bakat Skolastik (TBS) dan juga identik dengan Tes Potensi Akademik. Tes ini pada prinsipnya adalah sama. Yaitu bertujuan mengetahui kemampuan intelejensi dasar dari masing-masing calon CPNS. TIU ini terdiri dari tiga macam subtes. Yaitu Verbal, Numerik (angka) dan Logika.

Tes Karakteristik Pribadi 
Tes Karakteristik Pribadi atau sering disingkat dengan TKP ini sesungguhnya identik atau bahkan sama dengan Tes Skala Kematangan (TSK) pada ujian CPNS tahun-tahun sebelumnya. Tes ini bertujuan menggali lebih dalam karakter atau bentuk kepribadian dari setiap calon Pegawai Negeri. Dengan adanya tes ini, diharapkan akan diperoleh CPNS yang benar-benar memiliki kepribadian dan karakter yang baik dan bertanggungjawab serta jujur dalam bekerja. 

Psikotes dan Wawancara 
Psikotes atau Tes Psikologi dan wawancara adalah tahapan seleksi CPNS yang terakhir kalinya. Tidak seluruh pelamar CPNS masuk dalam tahap ini. Mereka yang masuk tahapan tes psikologi dan wawancara ini adalah yang telah lulus Tes-tes sebelumnya. Dan pada tahapan ini, akan dipilih sejumlah calon yang paling sesuai dengan formasi CPNS yang dibuka. 

Taufiqurrohman, M.Si 
Pengelola situs Pusat Soal CPNS #1 Indonesia 
www.soalcpns.com

0 Komentar untuk "Memahami Ragam Soal CPNS"

Back To Top