Tiada Hari Tanpa Belajar

MUCUNA BRACTEATA

Advertisement
MUCUNA BRACTEATA (MB)

Klasifikasi

Kingdom: Plantae 

Divisio: Spermatophyta 

Subdivisio: Angiospermae 

Ordo:   Fabales 
Famili:   Fabaceae 
Genus:   Mucuna 
Species:  Mucuna bracteata D.C.

Deskripsi



Mucuna bracteata memiliki perakaran tunggang yang berwarna putih kecoklatan, dan memiliki bintil akar  berwarna merah muda segar dan sangat banyak, pada nodul dewasa terdapat kandungan leghaemoglobin yaitu hemeprotein monomerik yang terdapat  pada bintil akar leguminosae yang terinfeksi oleh bakteri Rhizobium. Laju pertumbuhan akar relatif cepat pada umur di atas tiga tahun dimana pertumbuhan akar utamanya dapat mencapai 3 meter ke dalam tanah (Harahap dan Subronto, 2004). 



Batang tanaman ini berwarna hijau  kecoklatan umumnya batang tumbuh menjalar,  merambat  dan  membelit.  Diameter  batang  dewasa  dapat mencapai 0,4 - 1,5 cm dan pada umumnya memiliki buku-buku dengan panjang dapat mencapai 25 - 35 cm. Batang  Mucuna bracteata pada umumnya tidak berbulu, bertekstur cukup lunak, lentur  dan  mengandung  serat  dan  berair. (Mugnisjah dan Setiawan, 1991). 


Daun berbentuk oval berwarna hijau  dan muncul di setiap ruas batang. 
Jika suhu meningkat maka helaian daun dapat menutup sehingga mengurangi respirasi pada permukaan daun (Harahap et al., 2001). 

Bunga tanaman  Mucuna bracteata berbentuk tandan menyerupai anggur. 
Panjang tangkai bunga dapat mencapai 20  - 35 cm dan termasuk ke dalam jenis monoceous. Bunga berwarna biru terong dan dapat mengeluarkan bau yang menyengat sehingga dapat menarik perhatian  kumbang  penyerbuk (Harahap dan Subronto, 2004). 

Polong Mucuna pada awalnya berwarna hijau dengan bulu-bulu kecoklatan yang dapat menyebabkan gatal  pada kulit, polong yang siap di panen adalah polong yang sudah berubah menjadi coklat tua. Polong siap dipanen sekitar 50 hari setelah terbentuk dari bakal polong (Edy et al., 2007). 

Biji berbentuk bulat oval berwarna hitam dan pada umumya memiliki kulit biji yang tebal sehingga perbanyakan melalui biji dapat dilakukan dengan 
perlakuan benih melalui skarifikasi dan penggunaan larutan kimia. Bobot biji 
dapat mencapai 0,5 - 1 g/biji (Purwanto, 2007). 


Manfaat
Mucuna Bracteata (MB) atau Koro Rawe (istilah Lokal) merupakan varietes mucuna sp yang unggul, sangat efektif dalam mempercepat pengembalian unsur hara pada perkebunan karet, sawit atau lainnya dan bahkan untuk reklamasi. Nilai lebihnya Koro Rawe Sudah teruji dapat tumbuh maksimal karena sifat hidupnya sudah menyesuaikan dengan iklim di Indoneia.

sumber: http://cahayaintisejahtera.com/news/mucuna_bracteata/2011-12-19-14


Kacangan Pelutup Tanah Mucuna bracteata

Pertumbuhan cepat

Bentuk daun

Biji Mucuna

Sangat cocok untuk perkebunan

sumber: 
http://fotoperkebunan.blogspot.com/2012/04/kacangan-pelutup-tanah-mucuna-bracteata.html
















Tag : General

0 Komentar untuk "MUCUNA BRACTEATA"

Back To Top