Tiada Hari Tanpa Belajar

Captcha

Advertisement
Apa itu Captcha?

CAPTCHA merupakan singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" adalah jenis tantangan-response test untuk memastikan bahwa responden hanya dilakukan oleh manusia dan bukan oleh komputer. Hampir seluruh aktifitas dunia maya yang terhubung dengan form, akan disertakan kode Captcha sebagai security code. 


Bagi kebanyakan orang CAPTCHA mungkin akan sangat menggangu dan menyebalkan, namun ternyata memiliki kemampuan untuk melindungi sistem dari serangan berbahaya di mana orang mencoba untuk menyerang sistem. Penyerang dapat menggunakan software otomatis untuk menghasilkan permintaan yang besar sehingga menyebabkan beban yang berat pada server target yang akan menurunkan kualitas pelayanan dari sistem yang diberikan. Hal ini dapat mempengaruhi jutaan pengguna lain yang melakukannya dengan benar tanpa bot. CAPTCHA dapat digunakan untuk melindungi sistem yang rentan terhadap email spam, seperti layanan dari Gmail, Yahoo dan Hotmail.



Istilah Captcha ini dicetuskan oleh Manuel Blum, Luis Von Ahn, Nicholas J. Hopper dari Carnegie Mellon University dan John Langford dari IBMpada tahun 2000.

0 Komentar untuk "Captcha"

Back To Top